Kamis, 5 Desember 2019, Pengadilan Negeri Baubau Kelas IB melaksanakan Sosialisasi dan Simulasi Aplikasi e-Court bekerjasama dengan Advokat/Pengacara maupun Non Advokat. Sosialisasi dilaksanakan di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Baubau, dimulai pada pukul 09.30 WITA dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Baubau Kelas 1B Bapak Budiansyah, S.H.,M.H.

Selanjutnya materi ecourt disampaikan oleh wakil ketua pengadilan negeri baubau  bapak Rommel Franciskus Tampubalon, S.H. materi mengenai E-Court yang merupakan bentuk reformasi Mahkamah Agung di bidang teknologi informasi dalam sistem peradilan. 

Setelah pemberian materi, dilanjutkan dengan acara simulasi  mengenai tata cara penggunaan e-Court yang diberikan oleh bapak Hendra Adi Gunawan,A.Md selaku pihak IT Pengadilan Negeri Baubau Kelas 1B. Materi diawali dengan penjelasan terkait tata cara menggunakan e-Court seperti tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Kemudian syarat-syarat yang diperlukan untuk bisa mendaftarkan perkara melalui e-Court diantaranya KTP, Berita Acara Sumpah, Kartu Anggota Advokat, dan surat kuasa dimana syarat-syarat tersebut harus diupload dalam bentuk Pdf di aplikasi e-Court melalui https://ecourt.mahkamahagung.go.id.

Para Advokat/Pengacara ataupun nonadvokat sebagai pengguna aplikasi e-Court terlebih dahulu harus melakukan registrasi pada laman https://ecourt.mahkamahagung.go.id dan melengkapi data serta mengunggah dokumen yang dibutuhkan dan menunggu data terverifikasi oleh Pengadilan Tk. . Banding. Setelah data pengguna terverifikasi maka pengguna bisa melakukan Pendaftaran Gugatan secara online melalui Aplikasi e-Court.

Acara sosialisasi e-court diakhiri dengan sesi foto bersama advokad dan non advokad bersama Ketua dan Wakil Pengadilan Negeri Baubau Kelas IB

 

Ke Atas