TUGAS, WEWENANG, DAN FUNGSI

Berpedoman kepada ketentuan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1986 Tentang Peradilan Umum sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2009 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1986 Tentang Peradilan Umum, Pengadilan Negeri PN Baubau memiliki tugas dan wewenang, dan fungsi sebagai berikut :

  1. Menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara pidana dan perdata di tingkat pertama bagi rakyat pencari keadilan pada umumnya;
  2. Dapat memberikan keterangan, pertimbangan, dan nasihat tentang hukum kepada instansi pemerintah di daerah Kabupaten Sijunjung yang termasuk ke dalam wilayah hukumnya dan Kabupaten Dharmasraya apabila diminta;
  3. Dapat diserahkan tugas dan kewenangan lain oleh atau berdasarkan Undang-Undang;

Selanjutnya  Pengadilan Negeri PN Baubau mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Memberikan pelayanan teknis yustisial dan administrasi kepaniteraan bagi perkara tingkat pertama serta penyelesaian perkara dan eksekusi.
  2. Memberikan pelayanan di bidang administrasi perkara banding, kasasi, dan peninjauan kembali serta administrasi peradilan lainnya.
  3. Waarmerking akta Pendirian Badan Hukum.
  4. Mengendalikan dan membina agar pelaksanaan tugas teknis dan administrasi peradilan dilaksanakan secara tertib dan dikelola sebagaimana mestinya.
  5. Meningkatkan pelayanan publik terutama bagi para pencari keadilan yang meliputi penyelesaian perkara yang cepat dan biaya murah.
Ke Atas